Breaking News

Israel – Arab Saudi Siap Kerjasama Sharing Info Intelijen Tentang Iran

Inilah Islam – Israel menyatakan siap berbagi informasi intelijen mengenai Iran dengan Arab Saudi, yang menjadi rivalnya di Timur Tengah.

Keterangan tersebut disampaikan kepada publik oleh salah satu situs berita utama di Arab Saudi usai wawancara dengan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Israel.
Dalam sebuah wawancara dengan Letnan Jenderal Gadi Eisenkot yang diterbitkan oleh Elaph, Kamis, 16 November 2017, dia mengatakan, Israel siap berbagi informasi intelijen mengenai ancaman Iran.

“Iran harus dihentikan menyebarkan pengaruhnya,” kata Eisenkot seperti dikutip Al Jazeera.

Meskipun demikian, Eisenkot mengaku kepada wartawan Al Jazeera bahwa Israel tidak tertarik menyerang Hizbullah, kelompok bersenjata di Lebanon, yang mendapatkan dukungan Iran.

Israel kian meningkatkan hubungan dengan sejumlah negara menyusul pelantikan Donald Trump sebagai presiden pada Januari 2017.

Pada Juni 2017, Yisrael Katz, seorang Menteri Transportasi dan Intelijen Israel, menyarankan Raja Salman agar Arab Saudi mengundang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu ke Riyadh guna membangun hubungan diplomatik sepenuhnya.
Katz juga mengatakan, Raja Salman harus mengirimkan putranya Putra Mahkota Mohammed bin Salman ke Tel Aviv. Kantor berita AFP belakangan melaporkan, Putra Mahkota melakukan kunjungan rahasia ke Tel Aviv pada September 2017. Namun Arab Saudi membantah laporan menteri Israel tersebut.

Sumber : Tempo

Check Also

Perang Mulut, Turki VS Vatikan

ANKARA, Pada hari Jumat (24/06), Paus Francis mengecam pembantaian Armenia se-abad yang lalu di bawah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *